Pemko Sabang Gelar Event Khanduri Laot Festival 2019.

Senin, 25 Maret 2019 KEGIATAN

Oleh sabangkota

Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Sabang akan menggelar Even Khanduri Laot Festival 2019.

Kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan di Kota Sabang ini direncanakan akan berlangsung dari tanggal 30 Maret-1 April 2019 yang akan dipusatkan di Dermaga CT3 BPKS Kota Sabang.

Festival ini merupakan gambaran mengenai kehidupan masyarakat pesisir, khususnya para nelayan. Sehingga nantinya para nelayan yang ada di Sabang akan ikut berpartisipasi.

Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom atau yang akrab disapa Teungku Agam mengatakan, festival tersebut digelar untuk mengangkatkan tradisi masyarakat pesisir ke dalam sebuah atraksi pariwisata. Terdapat beragam jenis kegiatan bahari yang akan ditampilkan nantinya menjadi atraksi pariwisata yang menarik.

Sejumlah agendanya yaitu, Dialog budaya panglima laot se-Aceh yang akan berlangsung 29 Maret 2019 di Aula Kantor Wali Kota. Opening Ceremony akan berlangsung Sabtu 30 Maret 2019 pagi di dermaga CT3. Lalu pada hari yang sama juga ada lomba hias boat tet-tet di teluk Sabang. Pada malam harinya disusul dengan Boat Night Exhibition.

Selanjutnya, Minggu 31 Maret 2019 akan digelar lomba masak kuah beulangong di sepanjang jalan Dipenogoro depan Kantor Wali Kota Sabang. Lomba ini juga akan diikuti peserta dari daratan Aceh.

Sementara lomba kayuh perahu naga dilaksanakan bersamaan dengan closing ceremony pada tanggal 1 April 2019. Sementara pentas pesona budaya pesisir dan pameran produk kreatifitas masyarakat pesisir akan dilaksanakan setiap hari selama kegiatan, mulai pagi hingga malam hari.

 

HUMAS PEMKO SABANG