Peserta Konkernas PWI Disambut Tarian Adat

BERITA MEDIA

Sabtu, 15 Oktober 2016

SABANG - Seratusan peserta Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) 2016 disambut secara adat ketika tiba di Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh, Jumat (14/10).

Penyambutan ditandai dengan pengalungan bunga kepada Ketua PWI Pusat Margiono dan dipeusijeuk oleh tokoh adat setempat. Para peserta juga disuguhi tarian adat Aceh Preh Jamee.

Kedatangan Ketua PWI Pusat Margiono dan para Ketua PWI se-Indonesia serta peserta konferensi nasional tersebut disambut Wali Kota Sabang, H Zulkifli H Adam bersama sejumlah anggota Forkopimda Sabang.

Acara Konkernas PWI itu dibuka Ketua PWI Pusat, Margiono, yang dalam sambutannya mengatakan, sangat bersyukur dan berterima kasih Konkernas PWI tahun 2016 ini bisa dilaksanakan di Sabang. Dipilihnya Kota Sabang sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini, selain karena daerah ini berada di ujung luar, di ujung terdepan Negara Indonesia.

Juga sebagai daerah yang terindah, bukan hanya indah secara alamiah, namun juga tertata dengan baik karena manajemennya sangat baik. “ Saya minta para peserta Konkernas yang kebanyakan merupakan pimpinan media ikut membantu mempromosikan Kota Sabang yang cukup indah ini,” ujar Margiono.

Sementara Wali Kota Sabang, H Zulkifli H Adam, dalam kesempatan itu, atas nama Pemko Sabang menyampaikan terimakasih kepada Ketua PWI Pusat dan Ketua PWI Aceh beserta jajarannya yang telah menetapkan Kota Sabang sebagai tempat diselenggarakannya Konkernas PWI 2016 yang merupakan momen luar biasa dalam memajukan wisata di Kota Sabang.

Selain panorama alamnya yang indah dan lautnya jernih bersih, Sabang juga merupakan sebuah pulau yang sudah bebas malaria dan sejak tahun 2013 ditetapkan sebagai daerah nol persen malaria. Bahkan sebanyak 14 negara Asia Pasifik melakukan studi banding ke Sabang.

Acara pembukaan Konferensi ini ditandai dengan penanaman pohon nusantara bersama di Tugu KM Nol yang dibawa dan ditanam oleh masing-masing ketua PWI.

Panitia Konkernas PWI 2016, T Zakaria Al Bahri mengatakan, selain membahas agenda kerja PWI, peserta konferensi juga diajak mengelilingi Pulau Weh mengunjungi objek-objek wisata yang ada di pulau paling ujung barat Indonesia tersebut. Termasuk mengunjungi Tugu KM Nol Indonesia.

Selain itu, juga membuka sayembara menulis destinasi wisata Sabang di berbagai media cetak dengan hadiah total Rp 60 juta. Tak hanya itu, pada kegiatan itu juga akan diadakan rangkaian peresmian Kantor PWI Sabang yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Sabang, H Zulkifli H Adam dan Ketua PWI Pusat Margiono yang dilaksanakan Sabtu (15/10) hari ini.(az)