sabang

Sabang Terpilih sebagai Destinasi Alam Unggulan Indonesia

BANDA ACEH - Dirjen Pengembangan Destinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, telah menetapkan Kota Sabang bersama 44 objek/kawasan wisata Lainnya di negeri ini sebagai Destinasi Alam Unggulan Indonesia. “Alhamdulillah, Sabang termasuk salah satu dari 45 destinasi alam unggulan di republik ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Aceh, Drs Adami Umar MPd kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Jumat (21/6/2013).

Seiring dengan telah ditetapkannya Sabang bersama 44 destinasi alam unggulan lainnnya mewakili 34 provinsi di Indonesia, maka Dirjen Pengembangan Destinasi akan mengumumkan nama-nama objek/kawasan unggulan tersebut pada 5 Juli 2013 di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata di Jakarta.

Menurut Adami Umar, ke-45 Destinasi Alam Unggulan dari 34 provinsi se-Indonesia itu ditetapkan juga sebagai produk New 9 Wonderful. Sebagai sebuah produk unggulan, mereka berhak untuk diikutsertakan ke dalam even “New 9 Wonderful Parks”.

Untuk itu, pada 27-29 September 2013, Dirjen Pengembangan Destinasi akan fasilitasi para calon peserta, termasuk delegasi Sabang, untuk memperkenalkan diri di dalam ajang New9Wonderful Expo di Singapura. Kemudian, pada awal tahun 2014, masing-masing produk mendeklarasikan wilayahnya sebagai peserta even New9Wonderful Parks.

Selanjutnya, kata Adami, pada 27 September 2014, di Singapura, akan dideklarasikan New9Wonderful Parks sebagai sebuah “Kawasan Taman Wisata Dunia” dengan agenda:

1) meresmikan System New9Wonderful Parks yang berbasiskan jejaring sosial di www.new9wonderful.com

2) Menjadikan Singapura sebagai pintu gerbang pertama untuk masuk ke Kawasan New9Wonderful Parks(Indonesia), termasuk Sabang.

“Agenda terakhir adalah meluncurkan New9Wonderful Card,” demikian Adami Umar di sela-sela kesibukannya memantau festival kuliner se-Aceh.(*)

TRIBUNNEWS.COM