KM NOL

BPKS Akan Permak Tugu Nol Kilometer

BANDA ACEH – Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) dalam waktu dekat akan melebarkan dan meninggikan tugu nol kilometer Sabang setinggi 75 meter dalam waktu dekat.“Upaya pengembangan sektor prioritas, khususnya sektor pariwisata BPKS berencana memperindah kawasan pariwisata yang menjadi sasaran pendatang ke Sabang yaitu tugu nol kilometer menjadi lebar dan meninggikannya hingga ketinggian 75 meter ke atas dengan tidak merusak bangunan yang sudah ada,” kata Kepala BPKS, Ir Fauzi Husin kepada Serambi saat berkunjung ke redaksi Serambi, Selasa (7/5).

Menurutnya, upaya ini dilakukan untuk menjadikan kawasan Sabang sebagai sasaran utama kawasan pariwisata yang dituju para pelancong baik dari dalam maupun luar negari. Fauzi menjelaskan, anggaran untuk pembangunan tugu nol kilometer ini mencapai Rp 20 miliar. “Yang sudah dialokasikan anggaran dari DIPA untuk tahun ini 4 miliar sisanya BPKS dan Walikota akan mencari sumber-sumber pembiayaan lainnya untuk membiayai pembangunan tugu nol kilometer sebagai icon Sabang dan Indonesia,” ujarnya.

Selanjutnya, Fauzi mengatakan untuk tahun ini juga BPKS fokus pada insfrastruktur jalan di Pulo Aceh sepanjang 10 km. Menurutnya, insfrastruktur jalan ini sudah dikerjakan sejak tahun 2000 secara bertahap dan tahun ini BPKS akan tuntaskan pembangunan jalan sepanjang 10 km. “Demi kelancaran pembangunan Kota Sabang tentunya diharapkan adanya dukungan dan partisipasi masyarakat,” harap Fauzi. (ni)

SUMBER